Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

Marmer Tulungagung, Dari Yang Utama Hingga Sampahnya

Jika anda akan menuju ke Pantai Popoh di sebelah selatan Kabupaten Tulungagung, maka anda akan melewati deretan pegunungan kapur yang berdiri seperti tebing batu berselimutkan pepohonan rindang. Menurut warga yang tinggal di sekitar daerah ini dahulunya daerah sekitar pegunungan adalah hutan jati yang cukup lebat namun seiring berjalan nya waktu, kini hutan yang tadinya diberitakan lebat tersebut mulai nampak gundul dan kelihatan cadas karena ketika hutan digunduli maka yang terlihat adalah pegunungan kapur yang selalu mencuri pandangan siapa saja yang melintas di daerah tersebut.
Marmer Tulungagung, Dari Yang Utama Hingga Sampahnya

Pemanfaatan besar-besaran batuan kapur yang terkandung di dalam gunung ini juga sangat mengkhawatirkan, eksplorasi besar-besaran yang dilakukan oleh banyak pihak ini membuat pegunungan kapur yang seharusnya di reboisasi seusai ditambang, kini nampak bolong dan kering karena tak ada lagi reboisasi sesuai peraturan yang berlaku. Batuan kapur yang terkandung di pegunungan ini sudah sejak sekian lama dianggap mampu menghasilkan batu Marmer kualitas tinggi itulah sebabnya kenapa banyak sekali pihak yang mau bersusah payah meledakkan berbongkah-bongkah kapur dari pegunungan ini kemudian mengumpulkan nya dalam wadah truk dan menjual nya ke pengepul.

Dari hasil penambangan ini pihak pengepul akan memisahkan antara batu kapur yang selanjutnya akan dijadikan bahan utama batu gamping dan batu marmer yang akan dijual dengan harga mahal kepada industri-industri yang akan memproduksinya lagi menjadi hiasan rumah tangga yang menggunakan bahan dasar batu marmer seperti seperangkat meja dan kursi, guci-guci, kap lampu dan aksesories lain dengan harga yang cukup mahal. Dalam proses pembuatan hiasan-hiasan rumah tangga seperti itu dikenal istilah sebitan, sebitan adalah batu marmer kualitas bagus yang tidak terpakai dalam industri karena ukuran nya yang terlalu kecil. Sebitan bisa dikarenakan memang batu tersebut sudah didapatkan dengan ukuran yang kecil atau batu tersebut merupakan hasil sisa potongan dari batu batu besar yang telah di produksi untuk menjadi aksesories rumah tangga dan kepeluan lain.

Batu sebitan marmer seperti ini tidak serta merta dibuang begitu saja, karena banyak juga kalangan industri rumah tangga di daerah sekitar yang memanfaatkan batu-batu marmer sebitan ini menjadi aksesories dan hiasan rumah tangga dengan ukuran yang lebih kecil dan tentu dengan harga yang lebih murah, mereka menyebut nya sebagai kerajinan onix. Para turis maupun pelancong yang mengunjungi Kabupaten Tulungagung lebih memilih aksesories onix ini karena dari harga lebih terjangkau dan bentuknya yang mini memudahkan pelancong membawa nya sebagai oleh-oleh khas asal Tulungagung.

Jika anda ingin membawa pulang salah satu kasesories onix seperti ini anda bisa mengunjungi salah satu toko di sekitar perempatan Tamanan Kabupaten Tulungagung namun jika anda ingin mendapatkan lebih banyak pilihan jenis, anda bisa menjumpai lebih banyak toko yang berdiri di Perempatan Campurdarat sekitar 25 km dari pusat kota ke arah selatan, karena di sini lebih dari 7 toko kerajinan onix membuka lapaknya setiap hari dengan pilihan jenis dan bentuk aksesories yang menarik. Untuk berukuran 10-15 cm dibandrol dengan harga sekitar Rp 45.000,-, sedangkan untuk kerajinan onix berbentuk kuda yang sedang mengangkat kedua kakinya dihargai Rp 300.000,- dan masih banyak lagi pilihan onix yang ada disana. Harga sebuah kerajinan Onix bisa sangat mahal apabila dia memiliki ciri atau guratan batu yang khas dalam tubunhya seperti urat batu yang membentang dan menjadi aksen warna coklat diantara warna putih krem yang mendominasi kerajinan ini.

Di toko kerajinan ini tidak hanya dijual kerajinan onix namun juga furniture rumah tangga hasil dari kerajinan batu marmer, seperti seperangkat meja makan dengan satu meja besar berdiameter 120 cm dengan tinggi 75 cm dilengkapi 4 buah kursi setinggi 40 cm yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 4.000.000,- .

Apakah artikel ini bermanfaat ? masukan komentar like atau share

4 comments:

  1. Wah keren banget informasinya..silahkan kontak saya jika memerlukan berbagai macam lantai dan kerajinan marmer
    Imam Machfudin
    085230900333
    085853445999
    www.bintangmarmer.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ane gan...

      Hapus
  2. Every weekend i used to pay a quick visit this website,
    because i want enjoyment, as this this web page conations truly
    pleasant funny information too.

    Look at my web page - Harga Batu Granit

    BalasHapus
  3. saya punya pecahan marmer jika berminat kontak saya gan 087771182634

    BalasHapus

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>