Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

Retjo Sewu sisa kejayaan Retjo Pentung di ujung Pantai Selatan Tulungagung

Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kabupaten kecil di sebelah selatan Propinsi Jawa Timur, saat ini memang tidak banyak orang yang mengenal kabupaten dengan penduduk tak lebih dari 1.03 juta jiwa  ini karena di era modern ini nama Tulungagung kalah pamor dengan kabupaten-kabupaten disekeliling nya, seperti Kabupaten Kediri dengan makanan khas tahu kuningnya, Kabupaten Blitar dengan makam Bung Karno nya atau Kota Malang dengan Apel nya.

Retjo Sewu sisa kejayaan Retjo Pentung di ujung Pantai Selatan Tulungagung
Sebenarnya nama Kabupaten Tulungagung terkenal pada tahun 1970an, ada beberapa faktor yang membuat nama kabupaten ini terkenal pada masa itu, dimulai dari berjayanya salah satu Bioskop Film “Istana” yang sering mendatangkan artis-artis ibu kota Jakarta ke Tulungagung, selain itu Tulungagung juga dikenal lewat produksi rokok “Retjo Pentung” nya yang kini bungkus nya banyak dikoleksi oleh beberapa kolektor pecinta rokok jadul. Sayangnya dua Ikon kota Tulungagung tersebut tidak bisa eksis hingga saat ini, bioskop Istana kini beralih fungsi menjadi Convention Hall sedangkan Pabrik Rokok Retjo Pentung mengalami kebangkrutan di awal tahun 2000 dan kini tidak lagi berproduksi. Namun sebelum mengalami kebangkrutan, pemilik Pabrik Rokok Retjo Pentung Alm Bapak Soemiran mendirikan sebuah  bangunan yang dikenal dengan nama Pesanggrahan Retjo Sewu di dekat Pantai Popoh Tulungagung.

Entah apa yang mengilhami hingga terealisasi nya kompleks pesanggrahan ini, bukan tidak mungkin kisah Roro Jonggrang yang cukup terkenal di Candi Prambanan dengan 1000 Arca nya menjadi salah satu faktor pemicu hingga Pesanggrahan ini dibuat. Dahulu kala Pesanggrahan adalah tempat dimana para petinggi kerajaan beserta pasukan nya beistirahat, sementara Retjo Sewu sendiri artinya arca atau patung dengan jumlah 1000.

1000 arca di kompleks Pesanggrahan Retjo Sewu ini semuanya memiliki bentuk yang seragam yaitu berbentuk arca penjaga yang jongkok dengan mata sedikit melotot, taringnya keluar nampak tajam lengkap dengan sebuah pentungan gadha yang dia sandarkan di bahu kanan, masyarakat sekitar menyebutnya dengan Retjo Pentung, karena arca tersebut mirip dengan logo Rokok Retjo Pentung yang telah di kenal masyarakat. Dalam beberapa catatan sejarah, patung dengan bentuk dan posisi seperti ini disebut dengan patung Dwarapala yang dahulu kala saat jaman kerajaan Majapahit, patung seperti ini berfungsi sebagai penjaga gerbang masuk suatu tempat yang dianggap suci dan penting agar orang-orang yang berada dalam lingkup patung tersebut terlindungi.

Selain 1000 arca, di pesanggrahan ini anda juga bisa menemukan salah satu ruang yang menurut masyarakat sekitar khusus diperuntukkan sebagai tempat penghormatan untuk penguasa laut selatan, kebenaran akan kisah ini sebenarnya belum bisa dibuktikan karena cerita penguasa Laut Selatan telah berkembang luas di sepanjang pesisir pantai Selatan hampir di seluruh Pulau Jawa. Seperti hal nya satu kamar khusus sebuah hotel di sekitar Pelabuhan Ratu Sukabumi.
Jarak dari pusat kota Tulungagung ke Pesanggrahan Retjo Sewu ini sekitar 30 km, anda bisa memanfaatkan angkutan umum untuk menuju ke sana, namun jangan berharap untuk mencari penginapan atau hotel disana karena hingga saat ini belum ada investor yang menanamkan modal nya disana. Jika anda ingin menuju kesana ada baiknya anda berangkat pagi hari dan balik ke kota Tulungagung di sore hari saat masih banyak angkutann umum yang masih beroperasi.

9 comments:

  1. saya suka baca tulisan sejarah...semoga tetap produktif menulis tentang indonesia...salam blogger nusantara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bukan kita yang peduli sama bangsa ini lalu siapa lagi, salam blogger nusantara

      Hapus
  2. Sayang pr.retjo pentung skrg sdh tutup,shg retjo sewu skrg jd krg terurus...

    BalasHapus
  3. dulu tahun 95 - 98 saya sering lewat reco sewu kalau ke pantai Popoh, dulu arcanya seperti masih baru dipahat, tempatnya juga terlihat masih baru terawat, apakah foto di atas foto terbaru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah tidak seperti ini gan..ini foto lama dari google

      Hapus
  4. Selamat malam rekan2. Apakah pabrik rokok trsebut dijual? Saya ada rekan investor berniat mengaktifkan kembali kejayaan retjo pentung dan kota tulungagung.
    mungkin kalau rekan2 ada info. Hubungi saya 082334559998
    Salam terimakasih
    Adi

    BalasHapus
  5. Sy ada commodore,ardat,kansas,jambu bol,555 kuning,gen tong,rojo pentung,234 klg 99/100 th,bentol,mpr dll rokok asli hub 085766637472 / 082181947755

    BalasHapus
  6. rokok retjo pentung, warna bungkusnya putih bercampur merah muda.. di jatim sangat populer pada tahun 90an..

    BalasHapus
  7. ada lagunya gan...
    "rokok e retjo penthung...pabrik e tulungagung...yen mileh ojo bingung...miliho cap retjo penthung..."
    kala itu ebes gue suka banget ama produksinya tersebut.

    BalasHapus

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>