Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

Sisi Menarik Sistem Pendidikan Di Amerika

Sisi Menarik Sistem Pendidikan Di Amerika
Source encrypted-tbn1.gstatic.com
Sebagai negara super power banyak hal yang bisa kita pelajari dari Amerika. Terlepas dari perkembangan teknologinya, hal lain yang menarik untuk dicermati adalah sistem pendidikan di sana. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai sistem pendidikan di Amerika.
Kalo dilihat-lihat emang sih sistem pendidikan di negara tempat Barrack Obama berkuasa ini rada-rada beda dengan negara-negara lain. Di sana pendidikan jadi tanggung jawab penuh pemerintah negara bagiannya. Standar kurikulumnya juga boleh dibilang tidak se rumit di Indonesia. Jadi di sana pemerintah negara bagian yang menentukan persyaratan yang harus dipenuhi siswanya serta apa saja yang akan diajarkan di sekolah dan tentu saja karena mereka bertanggung jawab penuh dalam menjalankan pendidikan di negara bagiannya, soal pendanaan juga jadi urusan mereka dong, pemerintah pusat ga tahu-menahu menganai hal itu.
Well, di satu sisi emang bagus ya, dalam arti ada otonomi dan kemandirian dalam sistem pendidikannya tapi ada juga imbas lainnya, which is terjadi perbedaan yang kelihatan sekali pada mata pelajaran yang diajarkan. Meskipun begitu tetap ada titik persamaannya yaitu dalam hal pembagian sistem pendidikan. Jadi di sana sistem pendidikannya dibagi jadi tiga level yaitu tingkat dasar, menengah dan tinggi. Mirip kaya di Indonesia kan? Ada SD, SMP dan SMA....masa sih sama kaya di Indonesia? Yuuuk mari kita coba telaah lebih mendalam...
Sekolah formal di Amrik berlangsung selama 12 tahun, jadi sampai siswa berusia sekitar 18 tahun. Kalo untuk wajib belajarnya sendiri di kebanyakan negara bagian sampai siswa berusia 16 tahun tapi ada juga sih yang mewajibkan sampai siswa berumur 17 atau 18 tahun. Semua siswa berhak untuk dapet pendidikan gratis di sekolah negeri, kalo mau masuk sekolah swasta juga boleh tapi ya harus nombok alias pake duit sendiri.
Para master yang sudah sangat ahli dalam pendidikan di sana suka pake istilah K-12 atau PK-12, ini adalah istilah untuk merujuk pada semua tingkat pendidikan dasar dan menengah yang dimulai dari pra-sekolah sampai sebelum masuk ke kelas pertama di tingkat menengah. Pembagiannya ada polanya gitu, kaya gini nih :
  • sekolah tingkat dasar (K-5), sekolah tingkat menengah (6-8), sekolah tingkat atas (9-12);
  • sekolah tingkat dasar (K-6), sekolah tingkat menengah (7-9), sekolah tingkat atas (9-12); atau
  • sekolah tingkat dasar (K-8), sekolah tingkat atas (9-12)
Anak-anak Amrik mulai masuk sekolah waktu mereka masih kecil banget. Usia sekitar 2-4 tahun mereka masuk setingkat play group setelah itu lanjut ke taman kanak-kanak di usia 5-6 tahun. Tapi untuk sekolah dini ini orang tua bayar sendiri-sendiri loh karena tidak ada biaya dari pemerintah. Nantinya di sekolah ini anak-anak mulai belajar alfabet, warna serta kemampuan dasar lainnya.
Kalo untuk sekolah formal sendiri dimulai pada umur 6 tahun. Bisa dibilang, dari ketiga pola yang ada, pola pertama adalah yang paling umum diterapkan. Waktu siswa masuk ke sekolah dasar, mereka akan belajar dengan guru yang ga ganti-ganti jadi sama yang itu-itu aja, supaya tambah saling kenal kali ya antara guru dan murid gitu. Nah baru deh setelah selesai di tingkat dasar dan lanjut ke tingkat menengah, siswa gonta-ganti guru sesuai subjeknya, kelasnya juga pindah-pindah.
Pas masuk sekolah tingkat atas, siswa yang baru masuk di kelas pertama disebutnya freshman, siswa di kelas dua istilahnya sophomore, kalo siswa kelas tiga dijuluki junior dan siswa di kelas akhir disebut senior. Karena levelnya semakin tinggi, mulai deh siswa pusing dengan mata pelajaran yang lebih banyak dari sebelumnya. Harus hati-hati nih karena ada ketentuan nilai tertentu sebagai syarat untuk mendapat ijazah, tapi enaknya ga ada ujian akhir.
Ijazah dari sekolah tingkat atas menjadi modal tunggal siswa buat lanjut ke pendidikan menengah-akhir. kadang-kadang pihak universitas mensyaratkan nilai atau tes tertentu sebagai syarat masuknya jadi harus bener-bener direncanakan baik-baik jauh hari sebelumnya.
Naaah... begitulah sekilas tentang sistem pendidikan di Amerika. Semoga buat yang pada mau lanjut sekolah di sana mulai ada bayangan seperti apa nanti pendidikan yang akan dijalani. Pastinya artikel pendek ini gak akan cukup untuk menjawab semua keingintahuan kamu tentang sekolah di Amrik. Tapi, masih ada waktu untuk cari tahu sebanyak-banyaknya. Tetap semangat! Ibarat kata, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina eh Amrik...

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>