Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

POPSTAR Robot Dari Stik Eskrim

Sudah pernah mendengar robot humanoid ? saya rasa sebagian pembaca sudah pernah mendengar, karena baik di TV atau internet pemberitaan tentang robot humanoid atau robot yang menyerupai manusia sudah sering kita lihat. Nah kali ini saya membahas tentang robot humanoid yang di namakan POPSTAR, ini adalah salah satu bentuk prototipe dari robot humanoid, namun bentuk dan gerakanya masih kaku (namanya juga prototipe).

Kenapa oleh pembuatnya robot ini di namakan POPSTAR ? karena bahan pembentuk kaki - kakinya adalah stik eskrim yang banyak di jual di supermarket. Walaupun gerakannya masih kaku namun pembuatnya mengatakan akan memperbaiki telapak kaki yang licin saat sedang berjalan di lantai, mungkin dengan bahan karet lebih baik. Di bawah ini adalah gambar robot POPSTAR yang belum di rapikan, kabelnya masih berantakan.

POPSTAR Robot Berkaki Dua
POPSTAR, source : letsmakerobots

Design Robot

Robot POPSTAR di design setinggi kurang lebih 30 cm dan dapat melekukan kaki sekitar 10 derajat. Pembuatnya mengatakan, ide awal dalam membangun robot ini adalah dapat berjalan normal layaknya manusia, namun untuk membuatnya seperti butuh dana sekitar 1000€ dan dia hanya memiliki waktu luang beberapa jam setiap hari karena kesibukan. Di bawah ini adalah rencana awal pembuatan robot.
  • Mekanik : memilih bahan untuk kaki, merancang kerangka dan perakitan semua bersama-sama. 
  • Robotika : mempelajari invers kinematika, algoritma matematika dan makalah rancangan untuk gerakan kaki - kaki dan stabilitas. 
  • Elektronika : merancang subsistem elektronik yang memungkinkan robot berjalan (termasuk hardware dan software yang tertanam).
  • Artifical Intelligence : mendefinisikan algoritma untuk pembelajaran robot cerdas yang memungkinkan robot POPSTAR untuk bergerak secara mandiri. Dan setidaknya, berjalan tanpa terjatuh.
  • Control : menggunakan bluetooth smart module
POPSTAR Robot Berkaki Dua
Stik Eskrim, Source : letsmakerobots
Gambar di atas menunjukan cara membuat robot, pada kaki - kaki yang terbuat dari stik eskrim dan sudah di tempelkan motor servo. Penempelan motor servo hanya menggunakan lem, agar ketika ingin merubah kedudukan dari servo mudah untuk di cabut, bisa juga menggunakan double tip agar lebih mudah lagi di cabut dan tidak berbekas.
POPSTAR Robot Berkaki Dua
POPSTAR sedang berjalan, Source : letsmakerobots
Gambar di atas menunjukan si POPSTAR sedang berjalan, namun masih kaku dan butuh penyempurnaan pada telapak kaki yang licin saat berjalan di lantai.
POPSTAR Robot Berkaki Dua
Otak dari POPSTAR, Source : letsmakerobots
Perntanyaan selanjutnya adalah otak apa yang akan di pasang pada si POPSTAR ? sebuah Arduino, papan penemuan Cortex-M4, sebuah raspberryPi, sebuah mbed, Dan akhirnya, untuk mendapatkan ukuran kecil dan optimalisasi daya CPU, pembuatnya memutuskan untuk menggunakan LPC1768 mbed board (dari NXP Cortex-M3) seperti gambar di atas.
POPSTAR Robot Berkaki Dua
Pemasangan baterai, Source : letsmakerobots
Setelah semuanya terpasang, subsistem elektronik diuji (termasuk servos, accelerometer and gyroscope). Selanjutnya adalah penempatan posisi baterai, dapat anda lihat seperti pada gambar di atas. Pembuatnya memutuskan untuk menggunakan 4 baterai AA, tapi dibagi pada tiap kaki menjadi 2 baterai AA pada kaki kiri dan kanan dan masing-masing ditempatkan di sisi belakang kaki.
POPSTAR Robot Berkaki Dua
Source : letsmakerobots


Video robot di atas menampilkan POPSTAR saat pengujian untuk berjalan di lantai, tapi masih sedikit kaku. Tapi si pembuat sudah berjanji untuk memperbaiki telapak kaki yang licin. Semoga artikel yang saya sajika dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari inspirasi atau membangun sebuah robot.

Apakah artikel ini bermanfaat ? Masukan komentar, like atau share

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>