Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

Kendaraan Self-driving yang Pertama di Dunia dengan 18 Roda

Berita teknologi terbaru kali ini datang dari Amerika, tepatnya di area Las Vegas dimana Anda bisa menemukan truk self-driving yang pertama di dunia. Kendaraan yang memiliki salah satu teknologi canggih masa depan ini bisa otomatis dikendarai. Yang dimaksud otomatis adalah supir tidak perlu mengendarai truk tersebut dengan setir layaknya mobil biasa selama ini, karena dengan adanya mode “high-way pilot”, truk tersebut bisa berjalan sendiri atau otomatis. Bahkan supir pun tidak perlu menancap gas, semua akan dikendalikan secara otomatis oleh mode tersebut seakan-akan ada hantu yang sedang mengendarai kendaraan itu.

Demonstrasi Teknologi Kendaraan Self-Draving oleh Daimler Trucks North Amerika LLC

Teknologi modern ini diprakarsai oleh “Daimler Trucks North America LLC” dimana bulan Mei ini mereka melaksanakan demonstrasi kendaraan self-driving tersebut di jalan tol Nevada yang ditonton ratusan orang dan ingin menjadi “inspirasi” sebagai truk otomatis pertama . Kendaraan yang disebut sebagai semi-truk otomatis dengan teknologi self-driving yang pertama di dunia ini direncanakan akan dirilis untuk publik. Memang truk ini mungkin masih memerlukan supir yang nantinya malah berguna sebagai manajer logistik untuk mengawasi barang-barang yang dibawa oleh kendaraan atau truk tersebut, dan justru tidak bertugas sebagai supir sebagaimana mestinya. Mari kita lihat apakah teknologi ini benar-benar bisa dijalankan.
poguman.blogspot.com Kendaraan Self-driving yang Pertama di Dunia dengan 18 Roda
Source : autoblog.com
Bisa dikatakan perkembangan teknologi terbaru ini akan menjadi persaingan Kendaraan “Self-Driving” di Dunia. Kita semua sudah melihat bahwa saat ini seluruh perhatian dunia sedang terpusat pada perkembangan kendaraan otomatis yang dilakukan oleh Google dan juga beberapa perusahaan otomotif. Akan tetapi, perusahaan Daimler sendiri percaya bahwa trailer truk otomatis akan lebih dahulu diluncurkan dan berada di jalan-jalan tol sebelum kendaraan otomatis menjajal pinggiran kota. Apakah Anda sendiri sependapat dengan pemikiran ini?

Di jalan tol sendiri tidak banyak penghalang seperti lampu merah atau pejalan kaki atau orang yang ingin menyeberang, sehingga truk akan lebih mudah dijalankan secara otomatis dalam keadaan tersebut. Namun, di sisi lain perlu waktu bertahun-tahun untuk truk otomatis bisa dijalankan di jalan tol sepenuhnya dan tidak hanya sekedar untuk demonstrasi ataupun tes kecil saja seperti yang dilakukan Daimler saat ini.

Teknologi Truk “Self-driving” Masih Banyak Dipertanyakan

Rupa-rupanya masih banyak pertanyaan yang membesit mengenai teknologi kendaraan ‘self-driving” ini. Yang pertama adalah, apa keuntungan yang didapat dari teknologi tersebut dibandingkan menggunakan supir untuk mengendarai kendaraan. Kedua, diragukan juga bahwa teknologi ini nantinya akan mempengaruhi lapangan pekerjaan sebagai supir.

Saat ini kenyataannya ada 4 negara bagian termasuk Nevada yang memperbolehkan tes kendaraan otomatis di jalan asalkan masih ada “supir” yang mengawasi. Oleh karena itu, diharapkan Negara bagian lainnya mulai mengijinkan hal tersebut. Di sisi lain, Daimler masih belum membuka order pemesanan truk otomatis mereka dan mengatakan bahwa mereka hanya ingin menginspirasi dengan teknologi canggih terbaru ini.

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>