Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

USB Type-C, Port USB Generasi terbaru

USB Type-C, Port USB Generasi terbaru
Source : Google Image
Baru - baru ini salah satu perusahaan terbesar di dunia, Apple Inc. menyelenggarakan sebuah acara yang bertemakan Spring Forward di California Amerika Serikat dan juga meluncurkan MacBook terbaruLalu, apa yang spesial dari acara tersebut selain peluncuran produk MacBook tersebut ? yah itulah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Yang menjadi perhatian dari ajang tersebut adalah hadirnya Port USB generasi terbaru yaitu USB Type-C pada perangkat MacBook tersebut. Selanjutnya mari kita ulas sedikit tentang port USB Type-C yang akan segera hadir di perangkat smartphone atau notebook kita.

Apa itu USB Type-C ?

USB Type-C, Port USB Generasi terbaru
Source : extremetech
Saat ini ada sekitar lima jenis port USB yang terpasang di berbagai perangkat elektronik atau gadget di berbagai belahan dunia, di antaranya adalah USB 1.0, USB 2.0 A dan B, mini USB B, micro USB B dan USB 3.0 A, B. Dan generasi terbaru adalah Universal Serial bus (USB) Type-C, selanjutnya di singkat USB Type-C. Baca juga artikel tentang Microsoft Hololens Augmented Reality

Port USB Type-C pertama kali di perkenalkan di Shenzhen China pada acara Intel Developers Forum, tidak lama kemudian perusahaan Apple dengan MacBook dan Google dengan Chromebook-nya mengadopsi USB generasi terbaru tersebut.

Perbedaan yang sangat spesifik terlihat dari bentuknya yang tidak seperti port USB generasi sebelumnya, pada port USB Type-C tidak ada atas atau bawah, jadi anda tidak perlu khawatir tentang pemasangan yang terbalik atau meraba-raba mana bagian atas atau bawah konektor USB. Untuk memasang port USB Type-C kita hanya perlu mendengar atau menekan sampai ada bunyi klik.

Peruntukannya yaitu untuk lebih menyederhanakan ukuran dari port USB terdahulu yang cukup besar, mengingat sekarang ini perangkat elektronik canggih seperti notebook dan smartphone mempunya ukuran yang semakin kecil dan tipis.

Di perkenalkannya Port USB generasi terbaru ini bukan berarti hanya mengenai kecepatan backup data, seperti misalnya pengambilan data dari hard drive eksternal. Tapi berpotensi menjadikan USB 3.1 membawa aliran video 4096 x 2304 pada 30 fps. bahkan bisa menangani display 4K atau beberapa monitor sekaligus. 

Untuk urusan kompatibilitas, USB Type-C kompatibel dengan USB 3.0 dan USB 2.0. Anda akan menemukan tipe yang kompatibel dari tipe A ke Tipe C. Selain itu akan ada adapter untuk membuat Tipe C host bekerja dengan perangkat USB yang ada. Secara umum, versi mengacu pada kecepatan dan fungsionalitas dari kabel USB, sedangkan tipe mengacu pada bentuk fisik dan kabel dari port dan colokan. 

USB Type-C akan mendukung USB 3.1 dengan kecepatan hingga 10 Gbps dan memiliki daya output lebih tinggi hingga 20V dan 5A. Bahkan Apple MacBook terbaru menggabungkan USB Type-C sebagai pengisi daya.

USB Type-C secara signifikan akan mengurangi jumlah kabel yang dipakai pada perangkat seperti gadget dan notebook. Kedepannya bakalan cuma ada satu kabel yang dibutuhkan untuk berbagai perangkat, baik untuk data atau sambungan listrik.

Ini bakal memakan waktu satu tahun atau lebih untuk USB Type-C jadi sepopuler port USB terdahulu, namun saat itu terjadi, pasti bakal menyederhanakan cara kita bekerja dengan gadget.

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>