Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

Ajarkan Disiplin pada Anak dengan Hal-hal Kecil Berikut Ini

Disiplin, satu kata yang sangat sederhana untuk diucapkan, namun belum tentu mudah dilakukan dan dibiasakan pada setiap individu, termasuk anak-anak. Proses penanaman nilai terhadap anak dalam keluarga akan menentukan kepribadian dan sikap yang dibawa di dalam masyarakat. Oleh karena itu para orang tua selalu berupaya mengajarkan nilai dan sikap-sikap yang taat norma agar anak dapat menjadi pribadi yang disiplin di dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Dalam upaya menanamkan kedisiplinan pada diri anak, Anda tidak harus menerapkan aturan maupun perilaku yang muluk-muluk serta memberatkan mereka. Anda dapat memulainya dengan melakukan hal-hal kecil berikut ini :


Ajarkan Disiplin pada Anak dengan Hal-hal Kecil Berikut Ini
Source : frenchtribune.com

1. Membuatkan jadwal kegiatan sehari-hari

Hal sederhana yang dapat dilakukan untuk melatih anak dalam mengelola waktu adalah dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Mulai dari jam berapa ia harus bangun pagi, berangkat sekolah, makan, tidur siang, bermain, belajar, mandi, hingga tidur malam, semua harus tercantum dalam jadwal kesehariannya. Tentu saja tidak hanya membuatkan jadwal, orang tua pun harus mendampingi, membantu, serta mengingatkan anak tentang seluruh aktivitasnya agar tepat waktu.

2. Membantu menyiapkan perlengkapan sekolah


Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mendampingi buah hati jika orang tua tidak dapat meluangkan waktu karena kesibukan dalam pekerjaan. Anda dapat mendampingi anak dalam belajar serta membantu menyiapkan buku-buku pelajaran dan perlengkapan lain yang harus dibawa ke sekolah keesokan harinya. Selain bertujuan menanamkan kedisiplinan, kegiatan semacam ini juga dapat menjaga kedekatan antara anak dengan orang tua.

3. Menyediakan tempat-tempat khusus untuk meletakkan benda atau peralatan anak


Benda-benda miliki si kecil yang jenis dan jumlahnya bermacam-macam tentu akan merepotkan Anda jika seluruhnya tidak tertata dengan rapi. Anda dapat menyediakan rak-rak kecil untuk menempatkan sepatu dan sandal anak, mainan, buku, serta peralatan lainnya. Tentu tidak hanya menyediakan tempat-tempat khusus tersebut, Anda pun harus senantiasa mengawasi, mengarahkan, serta mencontohkan cara menempatkan barang-barang si kecil dengan rapi.

4. Memberikan hadiah (reward)


Hadiah atau reward bisa menjadi cara yang ampuh untuk membiasakan perilaku yang positif kepada anak. Hadiah tidak harus selalu berupa materi. Misalnya, jika anak telah berhasil bangun pagi selama seminggu berturut-turut, sebagai imbalannya ia boleh menonton televisi satu jam lebih lama dari waktu sebelumnya.

5. Merawat hewan peliharaan


Memiliki hewan peliharaan tidak hanya dapat menjadikan hiburan kepada pemiliknya, namun juga dapat melatih kedisiplinan anak. Memberikan makanan kepada hewan kesayangan tepat pada waktunya, memandikan, atau membersihkan kandangnya, dapat menumbuhkan sifat disiplin dan tanggung jawab pada anak.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk menumbuhkan dan menanamkan kedisiplinan pada anak. Memang tidak mudah membiasakan anak hidup disiplin, namun jika orang tua tetap telaten membimbing anak, maka manfaat yang diperoleh akan dirasakan oleh kedua pihak, yaitu orang tua dan anak.(rca)

2 comments:

  1. hahahhah,,, mantap bro,,,
    gaga tu blog fast loading elegant theme


    jang lupa kunjungi www.find4something.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...makasih bro
      blog kita so ja walking-walking akang

      Hapus

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>