Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

e-SAMSAT, Permudah Warga dan Hilangnya Praktik Pungli

e-SAMSAT, Permudah Warga dan Hilangnya Praktik Pungli
Source : Google Image
Di jaman digital seperti sekarang, hampir semua perangkat sudah terkoneksi dan pemanfaatan teknologi tersebut harus di ikuti oleh semua lapisan masyarakat agar mendapatkan kemudahan. Masyarakat membutuhkan akses yang mudah dalam pengurusan semua perizinan, untuk itu pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bersinergi dalam hal pelayanan terpadu yang
tidak ketinggalan zaman jika pelayanan publik menjadi prioritas.

Setelah beberapa daerah meluncurkan e-SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Digital, masyarakat merasa sangat di permudah dalam pengurusan bayar membayar pajak kendaraan.

Pemerintah Provinsi Jawa barat adalah pelopor peluncuran Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Digital di Indonesia, bersama dengan Polda Jawa barat telah meluncurkan e-SAMSAT.

Jika melakukan pembayaran secara manual di SAMSAT atau outlet, masyarakat biasanya harus antri dan berpanas-panasan di kantor, belum lagi harus berhadapan dengan oknum tidak bertanggung jawab yang suka melakukan praktik pungli, dengan adanya terobosan di bidang teknologi informasi seperti e-SAMSAT, masyarakat tidak butuh lagi datang ke kantor SAMSAT untuk membayar pajak kendaraan.

Di beberapa daerah padat penduduk, antrean di SAMSAT untuk bayar pajak kendaraan sudah tak terbendung, oleh karena itu e-SAMSAT akan meringankan masyarakat dalam melakukan pembayaran. Jadi yang dibutuhkan masyarakat itu adalah tidak perlu berlama-lama hanya untuk pengurusan pajak.

Untuk pembayaran pajak kendaraan, masyarakat hanya perlu datang ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan fasilitas e-SAMSAT untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Salah satu prasyaratnya yakni mempunyai ATM di Bank yang di tentukan pemerintah daerah penyelenggara. Tata langkah pembayaran juga sama dengan juga pembayaran pajak yang lain.

Hal semacam itu mempunyai maksud untuk meringankan masyarakat agar tidak antre saat membayar pajak. Tidak hanya itu, e-SAMSAT di yakinkan dapat jauhi percaloan, memotong birokrasi, serta pungli dan grativikasi.

Service e-SAMSAT ini memiliki banyak fungsi. Baik untuk Kepolisian, Dispenda hingga masyarakat. Keuntungan itu, dapat memotong birokrasi juga tidak terdapatnya pungutan liar. Baca juga Strategi Elite Rebut Kursi Kepala Desa Demi 1 Miliar.

Ke depan e-SAMSAT, bakal dipermudah dengan pembayaran melalui smartphone dengan teknologi Near Field Comunication (NFC) atau bisa juga gunakan fasilitas E-Banking.

1 comments:

  1. wah, bagus nih kalau sudah berjalan jadi lebih memudahkan dalam pembayaran pajak. mampir juga keblog saya gan:
    www.belonomi.blogspot.com

    BalasHapus

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>