Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

Mengembangkan Kuliah Online Di Beberapa Universitas Indonesia

Mengembangkan Kuliah Online Di Beberapa Universitas Indonesia
Di era modern ini, batasan ruang dan waktu sudah tidak lagi menjadi penghalang bagi seseorang untuk mendapatkan informasi. Perkembangan teknologi digital dan internet mempermudah kita untuk berbagi informasi dalam waktu yang relatif cepat. Di beberapa negara perkembangan teknologi tersebut dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah kelas/sekolah virtual yang biasa kita kenal sebagai kuliah online.

Jika dahulu kita masih terbatas pada ruang-ruang kelas. Kini perkuliahan juga dapat dilakukan di dunia maya.  Para mahasiswa dan dosen dapat saling berinteraksi di dua tempat yang berbeda yang dihubungkan oleh internet. Melalui kuliah online dosen dapat memberikan materi baik secara tatap muka streaming real time ataupun offline. Tidak hanya itu, dosen juga dapat sharing materi dalam bentuk video, audio, ataupun kuis interaktif yang dapat diakses beberapa mahasiswa ataupun orang umum dalam waktu yang berasamaan.

Distane learning course, blended learning, e-learning, merupakan beberapa pengaplikasian dan pemanfaatan internet sebagai sarana untuk menciptkan sebuah system kuliah online. Beberapa universitas di beberapa negara telah berhasil menciptakan sebuah system kuliah online, baik itu yang berbayar ataupun gratis. Oxford, Harvard dan universitars terkemuka lainya bahkan telah mengeluarkan akreditas untuk jurusan onlinenya. Sehingga Bagi mahasiswa yang mengikuti kuliah online di beberapa unversitas tersebut akan mendapatkan sertifikat atau ijazah resmi. Jadi bukan sekedar impian lagi bagi kita untuk mendapat sertifikat lulusan Harvard. Kita tidak pelu lagi ketakutan akan kehabisan biaya.

Di Indonesia kuliah online masih tergolong baru. Masih sedikit universitas yang menerapakan online course, Distance learning course, dan blended learning. Kuliah online yang ada saat ini di beberapa unversitas hanya bersifat learning management system yang biasa di singkat LMS. Tidak seperti di beberapa unviersitas di negara lain yang telah berhasil membangun sebuah sistem kuliah online. ‘Kuliah online’ yang berkembang di Indonesia saat ini hanya bersifat pemanfaatan online database; seperti Pendataan, penilaian, sharing file, KRS onlie, dsb, yang dapat diakses secara online. 

Namun tidak perlu berkecil hati, beberapa universitas di Indonesia sedang mencoba mengembangkan kuliah online ini. ITB, Institut Teknologi Bandung, merupakan salah satu universitas yang menyediakan beberapa mata kuliah online gratis. Berikut kuliah Kimia Dasar oleh Prof. Ismunandar dapat kita akses di youtube. Meskipun masih terlihat sederhana, tapi langkah ini bisa menjadi sebuah langkah kecil yang dapat menciptkan sebuah perubahan lebih baik bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kedepannya kehadiran kuliah online mampu menjembatani jarak, waktu dan biaya.(ydc)

1 comments:

  1. Star Routines Brad Pitt - Methods Αnd Tricks
    Οf One's Brad Pitt Struggle Team Exercise
    best vitamins for teenagers teen vitamins
    Ԝhy is America ɑnd the ppanet ffor that subject ѕо thinking about
    Brad Pitt's movie-star routines fօr combat team
    ɑs աell aas the film Troy? Оkay, okaƴ Ӏ am awqre one havge ɑ looκ at Brad Pittt
    shirtless ɑnɗ eaϲh and everƴ sweetheart inside the film theater seems to be likе at Һer boyfriend wіtɦ dismay.
    Properly, гesearch thіs write-uρ аnɗ learn ɦow
    you can hɑve fight clhb abs Ƅy simply pursuing ѕome ߋf the techniques оf tҺe
    Brad Pitt fight club exercise!

    BalasHapus

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>