Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

PETMAN Robot Canggih Amerika Berbentuk Manusia

Seperti pada film - film fiksi ilmiah, itulah robot PETMAN robot yang mempunyai bentuk seperti manusia. Rencana awal untuk prototipe robot ini sementara di gunakan untuk menguji pakaian pelindung untuk manusia dalam hal ini militer, agar dapat mengakses ke daerah yang terkena senjata kimia atau radiasi nuklir, mengingat sekarang ini banyak negara sudah mengembangkan teknologi nuklir menjadi senjata pemusnah masal.

Menurut Boston Dynamic yaitu perusahaan yang menciptakan robot ini, PETMAN adalah robot antropomorfik yang berarti “manusia berbentuk” di ambil dari bahasa yunani yang berarti anthropos yaitu manusia dan morphe yang berarti bentuk.

PETMAN Robot Canggih Amerika Berbentuk Manusia
Di atas menampilkan gambar robot PETMAN yang sudah tidak lagi seperti prototipe sebelumnya yang memiliki gerakan terbatas, tidak di lengkapi kepala dan harus didukung secara mekanis. Generasi PETMAN sekarang dapat menyeimbangkan dirinya sendiri dan bebas bergerak, berjalan, membungkuk dan melakukan push-up layaknya manusia, sulit di bayangkan bagaimana cara membuat robot canggih ini. PETMAN juga mensimulasikan fisiologi manusia dalam pakaian pelindung, di lengkapi dengan pengontrol suhu, kelembaban dan lebih hebatnya lagi berkeringat, semua untuk memberikan kondisi uji realistis saat pakaian tersebut di gunakan oleh tentara manusia saat terjadi serangan senjata kimia.
PETMAN Robot Canggih Amerika Berbentuk Manusia
Simulasi PETMAN Source : Boston Dynamic
PETMAN ternyata sudah lama di perkenalkan, tepatnya pada bulan oktober 2009, tetapi video atau gambar yang menayangkan baru tersebar luas di dunia maya pada bulan oktober 2011. Robot PETMAN ternyata di danai oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) yang berarti proyek ini akan di gunakan untuk pertahanan, namun tidak menutup kemungkinan bisa saja berubah jadi mesin perangnya negeri pamansam.

Di atas menampilkan video robot PETMAN yang sedang di uji coba dalam ruang kontrol, coba anda lihat langkahnya, seperti manusia bukan. Jadi jangan heran jika nantinya militer akan di gantikan oleh para robot ini dalam medan pertempuran darat, laut maupun udara.

Apakah artikel ini bermanfaat ? Masukan komentar, like atau share

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>