Menyebarkan Informasi Dan Mengedukasi Tanpa Harus Menjadi Praktisi Atau Selebriti

Tips Kepada Orang Tua yang Punya Anak Autis

Berawal dari silaturahmi ke rumah seorang teman dan melihat seorang anak ganteng di rumahnya, ternyata ia adalah adiknya tetapi adiknya itu menderita autis, lalu temanku cerita tentang masalah yang di alaminya dan orang tuanya dalam medidik, dan merawat adiknya. Namun yang saya perhatikan, perawatan dan perhatian kepada adiknya tersebut hanya seadanya, hanya sebatas di kasih makan, minum layaknya seorang bayi. Lalu sayapun menceritakan kepada seorang kenalan yang berprofesi sebagai guru di sebuah Sekolah Luar Biasa (SLB) dan hasilnya saya mendapatkan beberapa jawaban yang menarik, akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel ini untuk memberikan informasi kepada lebih banyak orang tua yang punya anak autis tetapi karena kurangnya ilmu sehingga anaknya tidak di berikan perhatian khusus.

poguman.blogspot.com Tips Kepada Orang Tua yang Punya Anak Autis
Image source : specialneeds.com

Lingkungan Anak Autis

Dari diskusi saya dengan sang guru, ternyata dalam mendidik anak autis pertama – tama orang tua harus memperhatikan lingkungan di sekitarnya dan memberikan, mencurahkan kasih sayang lebih untuk meningkatkan rasa percaya diri anaknya. Karena peran serta orang tualah yang lebih dominan dalam keberhasilan meningkatnya rasa percaya diri anak autis. Baca juga Ajarkan disiplin pada anak dengan hal - hal kecil

Sekolah Anak Autis

Jika anak autis tinggal di luar daerah perkotaan, orang tua dapat menyekolahkannya di Sekolah Luar Biasa (SLB), saya sering melihat beberapa anak autis di antar oleh orang tuanya dan di perjelas oleh teman guru saya bahwa di sekolah tersebut anak – anak berkebutuhan khusus akan di klasifikasikan berdasarkan kebutuhan mereka sehingga perhatian guru akan semakin ketat kepada setiap anak berkebutuhan khusus. Tapi jika anak autis tinggal di kota besar seperti Jakarta, maka anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir mencari sekolah khusus anak autis karena saat ini sudah banyak yayasan atau komunitas anak autis yang terbentuk di jakarta.

Penanganan anak Autis di rumah

Kembali lagi saya ingatkan, bahwa peran orang tua sangat penting dalam keberhasilan penanganan anak autis. Orang tua harus menyalurkan dan mengenalkan kebiasaanya menjadi hobi dan akhirnya menjadi bakatnya, karena bakat anak autis tidak akan muncul begitu saja maka anda sebagai orang tua harus pro aktif, walaupun sedikit mengeluarkan biaya tidak apa – apa lah demi kebahagiaan buah hati anda. Setelah bakatnya kelihatan, anda akan lebih banyak tugas untuk itu saran saya perkenalkan di dengan dunia luar dalam hal ini yang berkaitan dengan bakatnya, ini di maksudkan agar bakatnya lebih terasah.

Kisah Anak Autis

Saya mengenal seorang tukang servis yang juga menderita autis waktu kecil, tetapi setelah dewasa ia menjadi seorang dengan bakat luar biasa, ia menjadi tukang service elektronik terkenal di daerah saya. Dalam urusan servis perangkat elektronik belum ada yang bisa menyaingi beliau di daerah saya, bahkan tukang service yang membuka jasa serupa kadang – kadang datang meminta bantuan kepada beliau, toko elektronik juga sering merekomendasikan jasa beliau jika ada yang mengeluh tentang kerusakan perangkat elektronik yang sudah habis garansi (pengalaman pribadi).

Nah jika sudah menjadi seperti bapak tukang service dalam cerita di atas, anak autis sudah bisa mandiri layaknya orang biasa dan hati orang tuapun akan senang.

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Direktori

top blogs
blog directory
blog search directory

Resources

Teknologi

<>